Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Sebanyak 4.128 pelajar menanam pohon secara serentak di Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo pada pencanangan program deposit alam melalui program "Satu anak Satu Pohon", Senin.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Telaga Biru, penggagas program tersebut, Ikram Andi Hurudji menjelaskan, bibit pohon diperoleh secara gratis dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, yang dibantu melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Kabupaten Gorontalo.

"BPDAS telah menyediakan sejumlah 5.000 ribu bibit pohon sesuai jumlah siswa SD dan SMP yang ada di Kecamatan Telaga dan telah disebarkan di 12 SDN, enam SMP dan dua Madrasah Ibtidaiyah ," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Gorontalo Serahkan THR Dan Gaji 13

Deposit Alam melalui Satu Anak Satu Pohon sebagai salah satu wujud dalam rangka penanaman karakter dini kepada anak-anak untuk dapat melestarikan lingkungan.

Ia berharap dengan dilakukannya penanaman pohon oleh para siswa, saat mereka dewasa dapat melestarikan lingkungan, dan akan berdampak juga kepada kesadaran orang tua mereka yang notabenenya juga sebagai masyarakat.

Saat ini program tersebut dimulai dari Kecamatan Telaga dan akan dilanjutkan diseluruh SD dan juga SMP se Kabupaten Gorontalo.

"Jadi konsepnya penanaman pohon oleh anak-anak siswa siswi SDN dan SMP yang didampingi oleh para pejabat Kabupaten Gorontalo dalam hal ini Bupati, Ketua PKK, unsur DWP Kabupaten Gorontalo, Camat Telaga, orang tua murid, Korwil pendidikan Kecamatan Telaga dan unsur lainnya," kata dia.

Ikram menambahkan bahwa program itu telah diinstruksikan melalui instruksi Bupati Gorontalo, untuk dilaksanakan diseluruh SD dan SMP se Kabupaten Gorontalo.


 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018