Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Bupati Bone Bolango, Hamim Pou meminta seluruh masyarakat untuk menyemarakkan pelaksanaan tradisi tumbilotohe atau malam pasang lampu tiga hari menjelang idulfitri.

"Tumbilotohe ini merupakan tradisi turun temurun yang harus dilestarikan," ujar Hamim Pou, Selasa.

Ia menjelaskan, pemasangan lampu tumbilotohe merupakan tradisi masyarakat Gorontalo menyalakan lampu di malam hari, baik itu menggunakan lampu botol minyak tanah, obor dan sebagainya.

"Pemasangan lampu tumbilotohe ini, bisa dilakukan di depan atau pekarangan rumah, halaman perkantoran hingga lapangan besar, dan bisa dinikmati oleh siapapun," kata dia, lagi.

Bahkan kata hamim kegiatan itu juga dilombakan untuk mencari pemasangan lampu yang kreatif dan inovatif oleh warga setempat.

"Jangan sampai tradisi Tumbilotohe ini hilang begitu saja terkikis oleh perkembangan zaman. Mari kita terus lestarikan," ungkap dia.

pada tumbilotohe tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango memeriahkannya dengan menyalakan ribuan lampu minyak dan lampu listrik di Danau Perintis, Suwawa yang disambut meriah dan ramai didatangi oleh masyarakat.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018