Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Bupati Bone Bolango, Hamim Pou meminta kepada para kepala desa di wilayah itu agar memanfaatkan Dana Desa yang dikucurkan pemerintah ke masing-masing desa untuk perbaikan layanan publik.

"Saya minta kepada Kades bahwa Dana Desa ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, terutama untuk dua hal, yakni perbaikan layanan publik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Hamim Pou, Minggu.

Menurut Hamim, terkait pembangunan yang ada di desa, tidak semua harus pemerintah Kabupaten yang mengerjakannya.

Hal itu karena anggaran dan kewenangan Pemerintah Kabupaten sudah sebagian dikirimkan atau diserahkan ke Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa melalui Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa.

"Saya titip soal pemanfaatan ADD dan Dana Desa ini, agar kiranya digunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dalam rangka perbaikan layanan masyarakat dan terutama untuk pemberdayaan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat itu sendiri," ujarnya.

Sebelumnya, Hamim juga berjanji akan terus melakukan pemantauan pemanfaatan dana desa. Dia menginginkan pemanfaatan dana desa bisa mengurangi angka kemiskinan.

Menurut dia, pengawasan terhadap pemanfaatan dana desa itu penting sehingga langkah monitoring secara langsung untuk lebih mengintensifkan program yang sudah dilakukan di setiap desa.

Karena itu pihaknya selalu menggelar rapat koordinasi dan evaluasi di setiap kecamatan, dengan harapan dana desa bisa memberikan kemanfaatan pada kelangsungan pembangunan di desa, meningkatkan kesejahteraan rakyat serta mengurangi angka kemiskinan.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018