Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Tiga daerah di Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Utara, yakni Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo Utara dan Bolmong Utara, singkronkan Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) guna membahas beberapa program pembangunan.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Rabu, mengatakan, pihaknya sepakat mendukung pembangunan jalan "segi tiga emas" melintasi Kecamatan Tapa, Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara serta Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolmong Utara, agar masuk juga RTRW.

Pemkab Bone Bolango bersama-sama Pemkab Gorontalo Utara dan Pemkab Bolmong Utara akan berupaya memperjuangkan dan mengusulkan ke pemerintah pusat terkait rencana pembangunan akses jalan tersebut.

"Pemerintah pusat dalam hal ini adalah Bappenas, Kementerian PU dan Kementerian Kehutanan, sebab pembangunan jalan tersebut melintasi Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW), sehingga perlu ada izin pinjam pakai kawasan hutan lindung," kata Hamim.

Wakil Ketua DPRD Bolmong Utara, Iriyanto Cristoper Buhang saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bone Bolango, mengatakan, pihaknya sengaja menemui Pemkab setempat membicarakan singkronisasi pembangunan.

Hasilnya, kata dia, semua pihak telah bersepakat untuk membangun akses jalan dengan harapan terciptanya sebuah kawasan ekonomi yang saling mendukung.

"Alhamdulillah, kita sepaham dan sekarang mari sama-sama menjaga hal ini bisa berjalan dengan baik hingga tahap realisasi," kata Buhang.  (Wahiyudin Mamonto)

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013