Gorontalo, (Antara News) - Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) Insan Mandiri, Desa Tunas Jaya, Kecamatan Bone Pantai, Kabupaten Bone Bolango meraih penghargaan dari Kementerian Pertanian (Kementan).

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bone Bolango, Roswaty Agus, Jumat, mengatakan penghargaan tersebut akan diserahkan oleh Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaeman, pada 16 Agustus 2018 mendatang sebagai KEP berprestasi.

"Ini menjadi prestasi yang cukup membanggakan bagi Kabupaten Bone Bolango. Apalagi yang menerima penghargaan ini akan mengikuti rangkaian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun 2018 di Istana Negara," ucapnya.

Ia menjelaskan, KEP Insan Mandiri Bone Pantai dikelola oleh Apris Nasrun Buhungo. Seorang pemuda kelahiran Desa Tamboo Kecamatan Bone Pantai yang pernah berprofesi sebagai petugas air minum isi ulang dan tukang becak motor (bentor) sebelum menekuni profesi petani pada tahun 2008 yang silam.

Pengelola KEP Insam Mandiri, Apris Nasrun Buhungo mengatakan, pada bulan Februari Tahun 2018 berkat pihaknya bisa mengikuti seleksi tingkat Kabupaten dalam kategori KEP dan terpilih mewakili Bone Bolango untuk mengikuti seleksi kategori KEP tingkat Provinsi Gorontalo.

Lewat Kelompok Tani Maju Bersama ini, lanjut Apris, dia menggalang pemuda-pemuda yang ada di Desa Tunas Jaya Kecamatan Bone Pantai yang pengangguran untuk dipekerjakan di lahan tani dan mengajak pemuda-pemuda tersebut agar bergabung di Kelompok Tani Maju Bersama dan mengembangkannya.

Setelah berjalan beberapa tahun, kelompok ini mengalami kemajuan dalam usaha tani.

Oleh penyuluh pendamping wilayah binaan mengusulkan Kelompok Tani Maju Bersama ke Bidang Kelembagaan Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) waktu itu, untuk dimasukkan dalam penumbuhan Kelembagaan Ekonomi Petani.

Seiring dengan berjalannya waktu, jelas Apris, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dalam hal ini Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM? menginisiasi supaya Kelompok Tani Maju Bersama statusnya ditingkatkan menjadi koperasi.

"KEP Insan Mandiri Bone Pantai pun terpilih mewakili Provinsi Gorontalo dalam kategori KEP untuk mengikuti seleksi tingkat Nasional. Alhamdulillah bisa meraih KEP Berprestasi di tingkat nasional tahun 2018 dan akan menerima penghargaan dari Menteri Pertanian RI," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018