Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Komando Resort Militer (Korem) 133/Nani Wartabone, Provinsi Gorontalo, edukasi bela negara untuk para pelajar peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) tahun 2018 asal Provinsi Lampung, Senin.

Dankima Korem 133/Nani Wartabone, Ferdinand Budiman, menjelaskan bahwa materi yang mereka berikan bertujuan untuk menjaga keutuhan negara.

"Jadi materi yang kita berikan adalah tentang bela negara serta wawasan kebangsaan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran para peserta SMN, baik individual maupun berkelompok dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ungkapnya.

Dengan pemberian materi tersebut juga tentunya dapat membangun kepribadian para pelajar agar terus menanamkan rasa rela berkorban untuk Negara Indonesia.

Pencapaian yang terlihat dari pemberian materi bela negara tersebut adalah terjadinya komunikasi dua arah antara pemateri dengan peserta.

"Setelah menjelaskan materi tersebut saya melihat dengan jelas bahwa mereka merupakan sumber daya manusia yang berkualitas, karena mereka pada umumnya paham dengan apa yang kita sampaikan," jelasnya.

Mereka juga mengerti tentang bagaimana dan seperti apa negara Indonesia, bagaimana kewajiban mereka sebagai warga negara, serta kewajiban sebagai anak bangsa untuk membangun negara ke depan.

"Selanjutnya kami juga memiliki materi `outbond` untuk mereka, serta Peraturan Baris-Berbaris (PBB) dan Peraturan Penghormatan Militer (PPM)," tutupnya.

Program SMN asal Lampung dilaksanakan oleh tiga BUMN yaitu PT Sementara Baturaja sebagai koordinator dibantu PT Kimia Farma dan Perusahaan Perdagangan Indonesia.

Namun selama mereka berada di Gorontalo Perum Jamkrindo selaku koordinator program dan Perum Perumnas sebagai wakil koordinator, dipercayakan sebagai penanggungjawab kegiatan hingga mereka kembali ke provinsi Lampung.
 
Sejumlah Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Lampung mengikuti materi bela negara dan wawasan kebangsaan di Korem 133 Nani Wartabone. (Foto Adiwinata)



Baca juga: BUMN Hadir - PPI: SMN Memperluas Wawasan Kebangsaan-Sosial
Baca juga: BUMN Hadir - SMN Lampung Belajar Sulaman Karawo Gorontalo
Baca juga: "BUMN Hadir Untuk Negeri" Agen Pembangunan Indonesia
Baca juga: BUMN Hadir - SMN Lampung Bedah Buku Kenali Budaya Gorontalo


 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018