Gorontalo, (Antara News) - Legislator Gorontalo Utara Gustam Ismail berharap agar alokasi anggaran untuk sektor unggulan bisa lebih besar lagi.

"Untuk meningkatkan potensi sektor unggulan, pemerintah daerah harus berani mengalokasikan anggaran yang lebih besar, agar pengelolaan sumber daya alam lebih maksimal," ujar politikus Partai Keadilan Sejahtera itu.

Ia pun berharap, desa-desa di wilayah pesisir seperti yang ada di Kecamatan Tomilito, mendapatkan alokasi anggaran untuk pengelolaan potensi sumber daya alam yang dimiliki. Di antaranya untuk sektor kelautan dan perikanan.

Pada kunjungannya di wilayah timur tersebut, Gustam menerima aspirasi masyarakat khususnya nelayan yang meminta agar mendapatkan bantuan untuk melakoni aktivitasnya secara berkesinambungan.

DPRD pun, kata dia, akan menindaklanjuti aspirasi itu melalui pemerintah daerah agar mengarahkan program pembangunan di sektor unggulan kelautan dan perikanan.

Seperti bantuan perahu dan mesin bagi nelayan, serta alat tangkap ikan yang lebih modern.

Selain itu, penguatan infrastruktur penting dialokasikan khususnya anggaran pembangunan dermaga kapal ikan yang perlu ada di wilayah itu.

"Beberapa desa di Kecamatan Tomilito, seperti Dambalo, Jembatan Merah, Molantadu, Huidu Melito dan Tanjung Karang, memiliki potensi kelautan dan perikanan yang cukup besar, maka perlu alokasi anggaran yang besar untuk pengelolaannya," ujar Gustam.

Ia berharap, nelayan di daerah itu segera dilengkapi alat tangkap yang modern, serta dipastikan memiliki perahu mesin yang memadai, agar berdampak pada peningkatan produksi perikanan tangkap.

Selain itu, pengelolaan produk perikanan perlu didorong, mengingat ada aktivitas pengeringan komoditas perikanan di wilayah itu.

DPRD berharap kata Gustam, tahun anggaran 2019 nanti, desa-desa pesisir di daerah itu, mendapatkan alokasi anggaran untuk pengelolaan potensi sumber daya kelautan dan perikanan.

Agar perputaran perekonomian di daerah itu semakin maju dan berkembang, serta mampu bermuara pada kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018