Jakarta  (Antaranews Gorontalo) - Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XVII di Medan dan Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu (7/10).

"Insya Allah, MTQ Nasional akan dibuka Presiden Jokowi pada Minggu malam, 7 Oktober," kata Direktur Penerangan Agama Islam Kementerian Agama Khoiruddin saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Pembukaan itu akan digelar di Astaka MTQ Nasional. Ajang kompetisi dua tahunan itu sebelumnya digelar di Nusa Tenggara Barat dan dibuka oleh Jokowi di area Masjid Islamic Center.

Dia mengatakan terdapat inovasi untuk MTQ tahun ini dengan penerapan teknologi informasi untuk registrasi dan penjurian. Selain itu terdapat teknologi pendeteksi sidik jari (fingerprint).

"Teknologi `fingerprint` agar tidak ada perjokian karena peserta harus sesuai dengan data biometrik sebagaimana didaftarkan," kata dia.

Khoiruddin mengatakan transparansi MTQ Nasional tahun ini juga menggunakan e-Maqra, yaitu bank soal MTQ berbasis elektronik. Inovasi yang baru dijalankan 2018 itu menekan terjadinya kebocoran soal.

Dia mengatakan perlombaan 13 cabang MTQ Nasional tahun ini akan digelar pada 7-12 Oktober 2018.

Peserta, kata dia, akan menekan tombol pengacak soal untuk kemudian diselesaikan sesuai mata lomba yang dipertandingkan misalnya hafalan Al Quran.

Setelah itu, soal akan terpampang di layar yang bisa disimak hadirin sehingga transparan dan bisa diawasi publik secara langsung sehingga kecurangan bisa ditekan.

"Peserta dan hadirin sekarang dapat menyimak e-Maqra di layar sehingga dapat turut menyimak soal musabaqah, jadi transparan," katanya.

Sebelum kompetisi dimulai, dia mengatakan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin akan melantik dewan hakim, panitera dan teknisi teknologi informasi MTQ Nasional.

Pada penyelenggaraan tahun sebelunya pelantikan hanya meliputi dewan hakim dan panitera karena saat itu belum menggunakan penjurian dengan sistem teknologi informasi.

Berikut ini 13 cabang yang diperlombakan dalam MTQ Nasional XXVII:

1. Cabang Tilawah Golongan Dewasa Dan Golongan Qiraat Sabah Mujawwad Putra/Putri. Digelar di Arena Utama (Sport Center Area) Jalan Williem Iskandar Medan Estate.

2. Cabang Tilawah Golongan Anak-Anak dan Golongan Remaja Putra/Putri. Digelar di Lapangan Merdeka Medan.

3. Cabang Tilawah Golongan Tartil Dan Golongan Cacat Netra Putra/Putri. Digelar di Asrama Haji-Aula King Abdul Aziz, Jalan AH Nasution Medan.

4. Cabang Tilawah Golongan Qiraat Sabah Murattal Remaja Dan Murattal Dewasa Putra/Putri. Digelar di Asrama Haji-Aula Madinah Al-Munawarah lantai 4, Jalan AH Nasution Medan.

5. Cabang Hifzhil Quran Golongan 1 Juz Dan 5 Juz Tilawah Putra/Putri. Digelar di Lapangan Istana Maimun, Jalan Brigjen Katamso Medan.

6. Cabang Hifzhil Quran Golongan 10 Juz Dan 20 Juz Putra/Putri. Digelar di Asrama Haji-Aula Bir Ali, Jalan AH Nasution Medan.

7. Cabang Hifzhil Quran Golongan 30 Juz Dan Cabang Tafsir Golongan Bahasa Arab Putra dan Putri. Digelar di Asrama Haji-Aula Quba, Jalan AH Nasution Medan.

8. Cabang Tafsir Golongan Bahasa Indonesia & Bahasa Inggris Putra/Putri. Digelar di UNIMED-Aula H. Anif, Jalan Williem Iskandar Pancing.

9. Cabang Fahmil Quran Beregu Putra/Putri. Digelar di UINSU Pancing-Aula Jalan Williem Iskandar Pancing.

10. Cabang Syarhil Quran Beregu Putra/Putri. Digelar di UINSU Sutomo-Gelanggang Mahasiswa, Jalan Brigjen Katamso Medan.

11. Cabang Khattil Quran Golongan Naskah Dan Hiasan Mushaf Putra/Putri. Digelar di Gedung Serbaguna Indoor, Jalan Williem Iskandar Pancing.

12. Cabang Khattil Quran Golongan Dekorasi Dan Kontemporer Putra/Putri. Digelar di Gedung Serbaguna Indoor, Jalan Williem Iskandar Pancing.

13. Cabang Menulis Makalah Ilmiah Al-Qur`an (M2iq) Gol. Putra/Putri. Digelar di Akademi Pariwisata Gd. Sumekto Djajanagara, Jalan Brigjen Katamso Medan.

Pewarta: Anom Prihantoro

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018