Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pulau Saronde di Kabupaten Gorontalo Utara, akan menjadi pusat peringatan Hari Kelautan Internasional dan Hari Segitiga Terumbu Karang se-dunia "Coral Triangl Day" 9 Juni 2014.

Kepala Bidang Budidaya dan Pesisir, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Gorontalo Utara, Nilawaty Ismail, Kamis, mengatakan, peringatan kegiatan internasional tersebut sengaja dipusatkan di Pulau Saronde untuk mengenalkan panorama pulau pasir putih yang sangat indah.

Termasuk Desa Katialada, Kecamatan Kwandang, sebagai pusat penanaman tanaman bakau "mangrove", agar lebih dikenal luas.

Nilawaty mengatakan, pihaknya menjadwalkan kegiatan aksi bersih pantai sebab dua agenda penting tersebut, akan diintegrasikan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup se-dunia pada 6 Juni.

Kegiatan utama yang akan dilakukan, adalah transplantasi terumbu karang di perairan Pulau Saronde, penanaman mangrove oleh masyarakat di Desa Katialada, peluncuran Saronde Diving Club (SDC) Gorontalo Utara.

"Bupati dan Wakil bupati sangat mendukung kegiatan ini, yang diharapkan menjadi momentum positif untuk peningkatan kesadaran masyarakat terhadap kelestarian biota laut," ujar Nilawaty.

Pemerintah daerah akan bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut, terkait kelengkapan alat-alat menyelam, ditunjang sarana dan prasarana yang akan disiapkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

"Publikasi kegiatan ini sedang intensif dilakukan, agar masyarakat bisa proaktif terlibat pada kegiatan yang akan mendorong partisipasi aktif masyarakat melestarikan lingkungan, khususnya laut di wilayah pesisir," ujar Nilawaty. 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014