Gorontalo, (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, mengapresiasi peran para peternak dalam Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) di daerah tersebut.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo di Gorontalo, Kamis, mengatakan para petani telah berhasil menggugah semangat dan gairah masyarakat untuk terus mengembangkan usaha peternakan dan pemanfaatan sumberdaya lokal.

"Saat ini kita juga berharap mendapatkan gambaran mengenai potensi pengembangan peternakan melalui Apel Ternak yang digelar di Desa Sidodadi Kecamatan Boliyohuto," ujarnya.

Khususnya sapi-sapi ras unggul yang dihasilkan dari proses iseminasi buatan memlalui khusus sapi indukan wajib bunting diwilayah Kabupaten Gorontalo.

"Kita juga memantau perkembangan bantuan ternak Pemerintah yang telah disalurkan kepada para anggota kelompok sebagai bahan evaluasi dalam pelaksanaan program kegiatan ke depan, dengan berkembangnya bantuan ternak sapi," kata dia, lagi.

Nelson berharap dengan pemberian bantuan sapi oleh Pemerintah Daerah, dapat meningkatkan ekonomi pendapatan keluarga sehingga pada akhirnya akan mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Gorontalo.

"Sejak pada tahun 2016 kurang dari dari 7.000 ekor sapi yang telah dibagian oleh Pemerintah. Insya allah pada masa jabatan saya, minimal 10.000 ekor yang akan dibagikan dan diharapkan dapat melampaui target," ungkapnya.

Nelson juga menegaskan keseluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam menjalankan setiap program agar melampai target yang telah tersusun sehingga kemiskinan di Kabupaten Gorontalo dari tahun ke tahun makin menurun.

"Alhamdulilah menurut data dari Badan Pusat Stastik di tahun 2018 angka kemiskinan kita turun menjadi 19,6 persen yang merupakan kerja keras dilakukan oleh Pemerintah Daerah, oleh sebab itu ternak sapi ini diharapkan menjadi unggulan dalam penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Gorontalo," bebernya.

Ia pun berharap kepada para peternak untuk memelihara ternak dengan baik. Mulai dari memperhatikan makanan dan kandang agar Tahun depan sapi ini cepat bunting sehingga Kabupaten Gorontalo menjadi lumbung ternak sapi.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018