Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Sekretaris daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba, Senin, meminta penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk tahun 2020 dipercepat.

Sekda menilai penyusunan rencana awal RKPD yang ditargetkan selesai bulan Juli, merupakan waktu yang lama karena seharusnya hanya butuh 3 minggu untuk menyusunnya.

"Kan kegiatannya cuma itu, programnya juga sama, hanya saja volumenya mungkin yang berbeda. Kalau ada program yang di luar dari RPJMD saya minta spesifikasi program nya. Jangan lagi ada yang lambat karena belum ada APBD," katanya dalam Forum Gabungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) penyususnan RKPD.

Sekdaprov juga menegaskan, dalam dua hari ke depan seluruh OPD harus sudah memasukan semua rencana strategi dan realisasi tahun 2017, 2018 hingga 2019.

Hal itu sebagai bahan evaluasi jika ada program yang masih di bawah target.

Ia juga menyarankan agar setiap OPD yang bermitra dengan DPRD untuk segera menyerap aspirasi, agar jelas program apa yang boleh dan tidak boleh dilaksanakan dengan berbagai pertimbangan.

Ia mengharapkan dalam perumusan RKPD untuk tahun 2020 memperhatikan target-target utama daerah yang telah ditetapkan.

"Tahun 2020 merupakan tahun ketiga pelaksanaan pembangunan dalam periode RPJMD 2017-2022, itu artinya bahwa pelaksanaan pembangunan tahun 2020 harus telah maksimal menjabarkan program dan kegiatan prioritas daerah yang telah dijanjikan kepada masyarakat," tandasnya.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019