Satuan Radar (Satrad) 224 Kwandang yang bermarkas di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mendukung pihak Perguruan Tinggi untuk mengembangkan sektor unggulan di daerah itu.
"Setiap hari dari puncak Radar 224 Kwandang, kami melihat hamparan laut yang sangat luas maka sudah pasti potensi perikanan yang dimiliki sangat besar sebagai salah satu sektor unggulan yang dimiliki daerah ini," ujar Komandan Satrad 224 Kwandang, Mayor Lek Syafrullah Hasan, di Gorontalo, Rabu.
Kondisi itu kata ia, mendorongnya untuk memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan potensi daerah di berbagai sektor unggulan, diantaranya sektor perikanan yang berpeluang menjadi ikon dan mampu memajukan daerah secara signifikan.
"Pihak Perguruan Tinggi memiliki andil besar untuk mendukung pengembangan sektor unggulan di daerah ini, melalui penelitian-penelitian ilmiah yang bisa menjadi referensi dalam pengembangannya, seperti sektor perikanan yang dimiliki," ujar Syafrullah, usai menerima kunjungan kerja pihak Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMG).
Ia mengaku, TNI Angkatan Udara sebagai salah satu unsur yang ada di daerah itu pun perlu memberikan ide-ide konstruktif terhadap upaya membangun daerah.
"Kita tidak hanya berperan menjaga pertahanan keamanan wilayah udara, namun perlu bersinergi dengan pemerintah daerah termasuk Perguruan Tinggi, dalam melahirkan ide maupun gagasan untuk membangun daerah ini, diantaranya dengan mengembangkan sektor perikanan yang dimiliki," ujarnya.
Seperti gagasan memanfaatkan ikan menjadi berbagai produk olahan khas daerah ini, baik diciptakan menjadi makanan ringan ataupun ole-ole khas Gorontalo Utara bernilai ekonomis tinggi.
Apalagi sektor pariwisata di Gorontalo semakin berkembang, tentunya produk-produk olahan yang dihasilkan akan mudah dipasarkan.
"Kami berharap, bisa ikut berperan dalam upaya memajukan daerah ini di berbagai sektor unggulan," ungkap Syafrullah.
 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019