Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengatakan, seluruh elemen masyarakat di daerah itu perlu mendukung Bupati Indra Yasin dalam mengembangkan sektor pariwisata.

"Pemerintah daerah khususnya Bupati, perlu mendapatkan dukungan penuh dalam mengembangkan sektor pariwisata di daerah ini, sebab kita memiliki sumber daya alam yang sangat besar khususnya potensi wisata bahari yang bernilai tinggi sebagai destinasi wisata nusantara maupun dunia," ujar Ketua DPRD Gorontalo Utara, Nurjanah Yusuf, di Gorontalo, Kamis.

Ia berpendapat, pengembangan sektor pariwisata sangat efektif melalui beragam promosi dan pengelolaan yang terfokus.

Diantara promosi yang paling efektif dilakukan adalah, menggelar beragam iven pariwisata di lokasi objek wisata bahari yang paling diandalkan.

Beberapa objek wisata bahari diakuinya telah menjadi destinasi wisata berkelas yang dikenal luas oleh wisatawan nusantara maupun manca negara.

Namun keberadaannya belum berdampak signifikan terhadap pembangunan pariwisata di daerah ini. Sebab hasilnya belum mampu mendorong peningkatan objek  wisata lainnya secara signifikan.

Semakin kita mendukung penuh kebijakan-kebijakan program pariwisata yang akan dilakukan pemerintah daerah, maka potensi kemajuannya akan semakin besar.

"Tidak hanya maju dari segi penghasilan pendapatan asli daerah, namun akan mendorong percepatan perekonomian masyarakat," ujar politisi perempuan mantan anggota DPRD Provinsi Gorontalo itu.

Ia berharap, kebijakan-kebijakan produktif mampu diambil Bupati untuk pembangunan sektor pariwisata khususnya wisata bahari yang sangat diandalkan daerah ini.

Ia pun meminta agar pemerintah daerah mau belajar mengembangkan bisnis destinasi wisata secara mandiri sebab dampaknya sangat besar dalam percepatan pertumbuhan ekonomi daerah, membuka lapangan pekerjaan bagi putra daerah serta pergerakan ekonomi atau perputaran uang lebih besar dilakukan di daerah ini.

"Jika menggandeng investor dari luar daerah atau negara lain, tidak dipungkiri perputaran uang di tingkat lokal tidak terlalu terasa," ujarnya.
Berbeda jika objek wisata bahari dikelola langsung oleh pemerintah daerah, tentu dampaknya lebih besar dirasakan masyarakat di daerah ini.

"Perlu ada langkah lebih berani untuk mengembangkan potensi pariwisata daerah secara mandiri, jika memang mampu dilakukan oleh pemerintah daerah melalui badan usaha yang dibentuk, kenapa tidak dilakukan dari sekarang sebab saya yakin seluruh elemen masyarakat akan memberi dukungan," ujar Nurjanah.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019