Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menilai, sudah waktunya pemerintah daerah setempat menggerakkan sektor industri pariwisata.

Hal itu diungkapkan anggota DPRD Kabupaten Gorontalo Utara, Harto Husain, di Gorontalo, Rabu.

Ia mengatakan, peningkatan sektor pariwisata menjadi agenda nasional tahunan.

Setiap tahun ditargetkan akan ada destinasi-destinasi pariwisata baru di tiap daerah, termasuk di daerah itu.

"Kita memiliki banyak objek wisata unggulan, beberapa di antaranya telah mendunia bahkan sudah lama dipublikasikan melalui beragam media, sebagian belum terjamah," ujar politikusi Parta Demokrat itu.

Saat ini kata dia, sudah waktunya bagi pemerintah daerah menggerakkan industri pariwisata yang akan memagnit lebih banyak lagi wisatawan nusantara maupun manca negara.

DPRD tambah dia, ikut mendorong program-program dalam rangka mengembangkan industri pariwisata lokal untuk kemajuan nasional.

Lintas sektor harus sudah mulai bergerak bersama kata Harto, agar cita-cita merealisasikan industri pariwisata dapat terwujud maksimal.

"Selain menata objek wisata di daerah ini, pemerintah daerah sudah harus menggerakkan industri pariwisata dari hulu ke hilir, diawali dengan pemberdayaan masyarakat sebagai cikal bakal pengembangan industri pariwisata," ujarnya.

Hal itu akan lebih memudahkan pengembangan sektor pariwisata dari segi kesiapan infrastruktur, kesiapan sumber daya manusia (SDM).

Serta kemajuan sektor perekonomian dengan melibatkan langsung masyarakat yang akan terlibat langsung menggerakkan industri pariwisata di daerah ini.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019