Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, meminta Pemerintah Daerah (Pemda) setempat lebih inovatif mendorong petani untuk memanfaatkan alat mesin pertanian (alsintan) bantuan pemerintah dalam upaya meningkatkan produksi pertanian.

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Gorontalo Utara, Hitler Datau, di Gorontalo, Sabtu.

Menurut dia, keberadaan alsintan, diantaranya traktor bisa diinovasikan pemanfaatannya agar lebih maksimal digunakan para petani.

Berinovasi untuk meminjamkan atau menyewakannya ke petani, perlu dilakukan apalagi Pemda berkewajiban membantu petani menyiapkan fasilitas infrastruktur yang memadai.

Sektor pertanian kata dia, menjadi penyumbang terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah itu, kata Hitler, sehingga pengelolaannya wajib menjadi unggulan dan perlu terus diseriusi.

Komisi II selaku mitra organisasi perangkat daerah (OPD) di bidang pertanian, akan memaksimalkan perannya mendorong peningkatan produksi pertanian, termasuk mendorong petani memanfaatkan keberadaan alsintan yang telah disiapkan pemerintah.

Hal itu pun kata politisi partai Golkar itu, sebagai bentuk dukungan DPRD terkait akan diluncurkannya program bantuan peralatan dan mesin pertanian oleh pemerintah pusat di seluruh daerah.

Program ini sangat positif, khususnya dalam mendukung terealisasinya Gorontalo Utara sebagai lumbung produk-produk hasil pertanian yang akan menunjang program swasembada pangan nasional.

Ia optimistis, petani pun akan mendukung program pemda dalam menginovasikan pengelolaan dan pemanfaatan alsintan untuk kepentingan yang lebih besar dalam peningkatan produksi.

Tentunya, pengelolaan dan pemanfaatannya akan sesuai peruntukan serta mekanisme dan regulasi yang berlaku.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019