Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo bersama sejumlah perusahaan di daerah itu akan menyediakan sebanyak 1.000 lowongan kerja bagi masyarakat melalui kegiatan Job Fair Gemilang 2019.

Kepala Seksi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gorontalo Chandra Putra di Gorontalo, Rabu, mengatakan masalah pengangguran yang terjadi menjadi ancaman yang serius, terutama pada jenjang pendidikan tinggi.

"Sehingga memerlukan strategi kreatif murah dan besar manfaatnya guna meminimalkan kesenjangan antara besarnya lulusan perguruan tinggi dengan daya tampung kerja," ujarnya.

Untuk merespon dinamika tersebut, kata dia, tugas berat adalah menyediakan informasi lowongan kerja, menghubungkan pencari kerja dengan pengguna melalui Pengembangan Bursa Kerja Daerah melalui Kegiatan Job Fair tahun anggaran 2019.

"Berkat perjuangan Bupati Nelson Pomalingo pada tingkat pusat, Alhamdulillah sejumlah perusahaan menyediakan 1.000 lowongan kerja untuk mengintervensi pemberantasan pengangguran di Kabupaten Gorontalo," katanya.

Ia mengakui jika 1.000 lowongan kerja itu akan disebarkan pada beberapa perusahaan, antara lain, Indomaret, Alfamart, Tri Jaya Tangguh, Royal Coconut, Harvest, Palma Grup, Hotel Horison, Hotel Magna, Pinus Merah Abadi, Garuda Food, Unilever dan lainnya.

"Ini merupakan komitmen Pak Bupati yang berkaitan dengan erat dengan tugas pemerintah daerah dalam menyediakan peluang kesempatan kerja bagi masyarakat umum, sehingga angka pengangguran di daerah ini dapat ditekan," demikian Cahndra Putra.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019