Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memperkuat sinergi dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo, dalam kerja sama sistem pembayaran global budget.

Kerja sama ditandai dengan Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antara BPJS Kesehatan, Pemprov Gorontalo dan Pemerintah Kabupaten Gorontalo di  Manado, Sulawesi Utara, Kamis.

Global budget merupakan salah satu sistem pembayaran rumah sakit, berdasarkan pada anggaran atau sejumlah besaran biaya.

Hasil negosiasi dan disepakati oleh kedua belah pihak untuk jangka waktu tertentu.

Jika dilaksanakan dengan optimal, global budget dapat meningkatkan kualitas layanan kesehatan.

“Cara pembayaran klaim ke rumah sakit akan berdasar kepada anggaran yang dihitung secara keseluruhan. Proses administrasinya pun terbilang mudah, sehingga dapat memudahkan pihak rumah sakit untuk membuat keputusan rasional dalam memaksimalkan sumber daya yang ada,” ungkap Deputi Direksi BPJS wilayah Sulutenggo Anurman Huda.

Sementara itu Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, mengapresiasi BPJS yang memilih Provinsi Gorontalo sebagai salah satu daerah diterapkannya sistem global budget itu.

Menurutnya, ini adalah salah satu bentuk komitmen untuk mendukung jaminan kesehatan nasional melalui pembayaran global budget, sekaligus mengimplementasikan kesehatan yang menjadi program unggulan Pemprov Gorontalo.

“Kita sadar bersama bahwa dalam rangka pelayanan kesehatan yang optimal, peran BPJS kesehatan sangat besar. BPJS kesehatan memberikan kepercayaan dan memilih RS Hasri Ainun Habibie dan RS MM Dunda Limboto sebagai pilot proyek uji coba sistem pembayaran global budget ini,” kata Idris

Wagub menambahkan, jika dilihat dalam waktu kurang dari sebulan ini, BPJS Kesehatan memang sedang mengalami masalah terkait isu naiknya iuran BPJS Kesehatan dan berdampak pada pelayanan rumah sakit.

“Untuknya melalui MoU ini semoga bisa meningkatkan komunikasi, koordinasi, dan terus mencari solusi atas keluhan dari pada masyarakat serta terus menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait,” tambahnya.

Kerjasama yang disepakati meliputi peningkatan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), iuran, serta akses dan mutu pelayanan.

 

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019