Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyebut data merupakan salah satu kebutuhan dalam proses pembangunan di Kabupaten Gorontalo.

"Bicara data adalah sebagai kebutuhan bagi kita semua dalam proses pembangunan. Data adalah kebutuhan pembangunan," ujar Nelson usai sosialisasi Satu Data Indonesia dan Sensus Penduduk 2020 di Gedung Kasmat Lahay, Limboto, Jumat.

Menurutnya, Badan Pusat Statistik (BPS) adalah lembaga yang ditugaskan pemerintah untuk melakukan pendataan terutama kaitannya sensus penduduk.

"Karena ini berbicara data, maka saya berharap data yang dikumpulkan benar-benar akurat, valid," harap Nelson.

Dalam rangka akurasi data tersebut, dirinya berharap banyak kepada camat dan kepala desa untuk melakukan sosialisasi dan menfasilitasi seluruh masyarakat.

"Apalagi hari ini sensus penduduk melalui daring dan juga mungkin ada melalui konsepsional. Konsepsional saya kira menyiapkan rakyat menerima pendataan dan berikut lebih efektif dan efisien sudah menggunakan smartphone," tandas Nelson.

Sebelumnya, Kepala BPS Kabupaten Gorontalo Husain Duhengo di Gorontalo, mengatakan kegiatan itu diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan Kepala Desa.

"Sosialisasi ini sudah mulai digaungkan dari sekarang, sehingga tiba saatnya masyarakat tidak terkejut dan tiba waktunya BPS bersama petugas di lapangan tidak menemukan kendala ketika berada di kecamatan, desa dan rumah tangga," ujarnya.

Ia menjelaskan, awal bulan Januari tahun 2020, BPS kembali melaksanakan sosialisasi, dimana mekanismenya pihaknya akan turun ke kecamatan se Kabupaten Gorontalo.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019