Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, menyeriusi penanganan sampah kiriman di daerah itu.

"Saya mengunjungi Kecamatan Kepulauan Ponelo, banyak sampah kiriman di pulau tersebut, antaranya kemasan botol berlabel produk luar negeri, seperti Malaysia," ujar Wakil Ketua I DPRD Gorontalo Utara, Roni Imran, di Gorontalo, Senin.

Ia berharap, pemkab memiliki jurus jitu menangani sampah kiriman yang banyak menepi ke pantai ini.

"Diperlukan langkah yang tepat dan strategis mengatasi sampah-sampah kiriman dari beragam jenis, bahkan cenderung didominasi sampah plastik agar bisa teratasi sebelum menepi ke pantai," ujar politikus NasDem itu.

Persoalan sampah sangat mendesak, sebab setiap tahun pasti di tepi pantai pulau-pulau di daerah ini dipenuhi sampah kiriman.

Volumenya pun sangat banyak, bahkan jika dikumpulkan bisa mencapai ribuan kubik.

"Ini permasalahan tahunan yang belum berhasil diatasi dan menuntut upaya tepat dalam penanganannya," katanya.

Kondisi tersebut pasti mengganggu, sebab pemerintah daerah sangat mengandalkan keindahan pantai dan pulau-pulau cantik yang ada sebagai aset pariwisata.

"Jika tidak diatasi, keberadaan sampah kiriman akan berpengaruh pada citra pariwisata di daerah ini," tutur Roni.

DPRD berharap tambahnya, penanganan sampah di laut menjadi prioritas organisasi perangkat daerah terkait.

"Kita lakukan gerakan bersih-bersih sampah di laut. Kita namakan saja gerakan ini adalah inovasi dalam upaya mengatasi sampah kiriman di daerah ini, dengan harapan akan membangkitkan semangat seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama terpanggil mengatasi sampah kiriman," ungkapnya.

Selain gerakan cepat dalam penanganan sampah kiriman yang menjadi masalah tahunan, Roni pun mengimbau agar masyarakat setempat dapat mengelola sampah rumah tangga dengan baik.

"Pengelolaan sampah mulai dari rumah tangga, menjadi langkah konkrit dalam mengatasi sampah secara berkesinambungan," pungkas mantan Wakil Bupati periode 2013-2018 di daerah tersebut.***
Tepi pantai Ponelo Kepulauan di Gorontalo Utara dipenuhi sampah kiriman. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020