Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mendorong kemitraan antara petani jagung dengan koperasi di daerah itu.

"Pemerintah telah memberi perhatian khusus di sektor pertanian khususnya bagi petani jagung agar mencapai target luas tanam 10 ribu hektare di tahun 2020 ini. DPRD pun mendorong pencapaian target tersebut, termasuk sangat mendorong para petani jagung untuk membangun kemitraan dengan koperasi," ujar Wakil Ketua I DPRD Gorontalo Utara, Roni Imran, di Gorontalo, Rabu.

Koperasi kata dia, merupakan wadah yang tepat untuk merealisasikan cita-cita petani mencapai target produksi yang diharapkan.

Sebab koperasi dapat menyediakan seluruh keperluan petani tanpa memberatkan.

Selain itu kata politikus NasDem ini, kemitraan dengan koperasi diyakini akan menjamin kestabilan harga jagung saat panen, serta memudahkan petani menikmati keuntungan dari hulu ke hilir dalam hal kemudahan memanfaatkan bantuan hingga menikmati harga jagung sesuai yang diharapkan.

"Banyak mutualisme yang bisa diperoleh petani jika bermitra dengan koperasi, apalagi tidak sekedar menjadi mitra, namun petani akan mendapatkan banyak manfaat saat menjadi anggota koperasi," ungkap Roni.

Mantan Wakil Bupati periode 2013-2018 ini, berharap, perluasan wilayah tanam jagung dapat tercapai dalam upaya meningkatkan produksi di daerah itu.

Ia sendiri berharap, kemitraan antara petani dengan koperasi akan mengikis kantong-kantong kemiskinan yang ada di daerah itu, sebab petani akan semakin sejahtera dan mendapatkan kemudahaan mulai dari musim tanam hingga masa panen tiba.

Harga jagung pun diyakini mampu meningkat atau cenderung stabil jika seluruh petani menjual hasil panen melalui koperasi.

Ia menyontohkan, petani yang mengalami kesulitan modal usaha pada musim tanam, bisa mendapatkan seluruh keperluannya melalui koperasi.

"Jika bergantung pada tengkulak, tentu dampaknya sangat tidak menguntungkan saat musim panen tiba. Sangat berbeda, jika petani mengandalkan koperasi dan kondisi ini perlu terus didorong agar kemitraan antara petani dengan koperasi mulai terbangun dengan baik," tandasnya.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020