Anggota Komisi VIII DPR RI, dari daerah pemilihan (dapil) Gorontalo, Idah Syahidah Rusli Habibie, mengimbau masyarakat untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh, dengan mengonsumsi rempah-rempah berkhasiat sehat.

"Saya sendiri mulai melakukannya, setiap pagi meracik sendiri empon-empon untuk dikonsumsi bersama bapak. Empon-empon terdiri jahe, kunyit, kayu manis dan beberapa rempah berkhasiat lainnya," ujar isteri Gubernur Gorontalo itu, Jumat.

Ia mengimbau, agar masyarakat senantiasa menjaga kesehatan, termasuk kebersihan rumah, juga mengupayakan agar rumah bebas dari asap rokok.

Pemerintah mengalokasikan anggaran untuk membantu biaya kesehatan bagi masyarakat, namun harapannya agar dibarengi dengan perilaku hidup bersih dan sehat.

Anggota fraksi Golkar ini berharap, agar masyarakat tetap konsisten menjaga perilaku hidup sehat, juga sebagai salah satu upaya mencegah terjangkitnya virus corona.

Cuci tangan yang bersih, rajin minum air putih, mengonsumsi makanan bergizi dan bebas pengawet, juga sayur-sayuran dan buah-buahan.

Ajakan itu, ia sampaikan kepada para ibu di Desa Leboto, Kecamatan Kwandang, Gorontalo Utara, yang merupakan desa binaan tim penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Gorontalo.

Idah memotivasi masyarakat khususnya kaum ibu untuk proaktif menjaga kesehatan diri dan seluruh anggota keluarga.

Jika ada yang sakit, segera berobat dan memastikan kesehatannya.

Berobat di fasilitas kesehatan yang disiapkan pemerintah, agar mendapatkan penanganan dan pemeriksaan yang lebih baik.

Terkait virus corona, Idah berharap agar masyarakat tidak panik, serta tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, termasuk menjaga kebugaran fisik dengan berolah raga, juga membersihkan lingkungan rumah dan pekarangan setiap hari.

Idah juga mengajak kaum ibu di daerah itu, untuk tes kanker serviks minimal setiap tahun.

Pemeriksaannya dipastikan gratis di setiap puskesmas, sebagai bentuk ikhtiar menjaga kesehatan.

"Pernah terjadi di salah satu wilayah di Gorontalo, seorang ibu melakukan tes kanker serviks dan sangat disesali langsung dinyatakan positif stadium 4. Maka kita selaku kaum perempuan, perlu menyadari memeriksakan kesehatan tidak saat sakit saja, namun saat sehat pun perlu untuk memastikan kondisi tubuh senantiasa dalam keadaan baik," pungkas Idah.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020