Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bone Bolango bersama masyarakat melakukan aksi bersih-bersih sampah, baik sampah organik maupun anorganik di Pantai Botutonuo, Kecamatan Kabila Bone, Gorontalo, Sabtu.

Kegiatan yang merupakan rangkaian dari peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2020 tersebut dipimpin Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bone Bolango Aznan Nadjamudin.

"Untuk menjaga lingkungan Pantai Botutonuo tetap bersih dan indah, maka melalui momentum peringatan HPSN tahun 2020 ini, kami DLH Bone Bolango melakukan kegiatan bersih-bersih sampah bersama di lokasi ini," kata Aznan.

Kegiatan itu menurutnya bertujuan agar destinasi wisata Pantai Botutonuo tetap bersih, sehingga tamu yang berkunjung merasa betah dan menikmati libur akhir pekan bersama keluarga.

"Tentu dengan harapan bisa membawa dampak yang baik untuk para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta kuliner di lokasi wisata," ungkapnya.

Selain itu, kegiatan ini digelar sebagai tindaklanjut dari peringatan HPSN tingkat pusat yang di pusatakn di lima destinasi wisata di Indonesia, yakni di Labuan Bajo, Danau Toba, Borobudur, Pantai Mandalika, dan Pantai Likupang dengan harapan bahwa seluruh destinasi wisata sudah harus bebas dari sampah, terutama sampah plastik.

Aznan menyebutkan dalam kegiatan aksi bersih-bersih di Pantai Botutonuo ini berhasil mengumpulkan sebanyak 50 karung sampah, baik sampah organik maupun anorganik yang akan diangkut langsung oleh armada DLH Bone Bolango ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) ini juga berharap kesadaran masyarakat yang menggunakan lokasi destinasi wisata tersebut supaya tertib untuk membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

Sebab kata dia, masalah sampah harus dimulai dari diri sendiri dengan selalu menjadi kebersihan lingkungan, terutama lingkungan tempat destinasi wisata.

"Kalau tidak dari sekarang kapan lagi, kalau bukan kita sendiri siapa lagi yang akan menjaga lingkungan kita dan lingkungan destinasi wisata ini," ucapnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020