Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengimbau warganya untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS untuk mencegah terjangkit virus corona baru atau COVID-19.

"PHBS merupakan semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat," ujarnya di Gorontalo, Kamis.

Nelson menjelaskan jika penyebaran corona dapat dilakukan dengan sering mencuci tangan dengan sabun, rajin olahraga dan cukup istirahat, mengonsumsi gizi seimbang dan perbanyak makan buah.

"Bila batuk, pilek dan sesak nafas, segera ke fasilitas kesehatan, gunakan masker bila batuk dan pilek serta berhati-hati kontak dengan hewan," ungkapnya.

Ia mengaku jika pihaknya akan melakukan pembersihan lingkungan hingga ke desa-desa karena bukan hanya untuk mencegah corona, namun juga demam berdarah dengue (DBD).

Langkah selanjutnya yang diambil oleh Bupati yaitu membersihkan kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga membersihkan dan menyemprotkan disinfektan di masjid-masjid serta sekolah.

"Dalam rangka kewaspadaan infeksi corona saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Gorontalo untuk mengantisipasi penyebaran corona di daerah ini," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020