Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo menyalurkan bantuan benih jagung untuk 24.500 hektare lahan di Kabupaten Pohuwato, Rabu.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di Kantor Kecamatan Popayato Barat, sekaligus penyerahan Bantuan Pangan Bersubsidi untuk 750 Keluarga Penerima manfaat (KPM).

Bantuan benih tersebut dialokasikan untuk 1.245 petani jagung Pohuwato, khusus untuk Kecamatan Popayato Barat, ada 75 petani menerima bantuan dengan luas lahan 1.705 hektare.

“Bantuan ini tolong dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Meskipun saat ini lagi pandemi COVID-19, saya berharap bapak ibu petani tetap produktif ,” kata gubernur.

Ia juga mengingatkan tentang kebijakan baru yang digagasnya, yakni setiap penerima bantuan program dari pemerintah provinsi wajib berkebun di rumah masing-masing.

Polybag dan benih tanaman seperti buah-buahan, sayur dan rempah-rempah disediakan oleh Dinas Pangan.

“Artinya bapaknya bekerja bertani, maka istrinya bisa berkebun di rumah ikut program kawasan rumah pangan lestari. Minimal berkebun ini untuk memenuhi kebutuhan harian keluarga,” jelasnya.

Selain bantuan benih jagung dan Bantuan Pangan Bersubsidi, gubernur juga menyerahkan sembilan unit sepeda motor dengan kotak pendingin.

Bantuan sepeda motor bagi penjual ikan keliling dialokasikan sebanyak 60 unit pada tahun 2020.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020