Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengajak masyarakat untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 yang akan digelar di Kabupaten Gorontalo, Pohuwato, dan Bone Bolango.

"Saya mengajak masyarakat untuk menyukseskan pemilihan bupati yang akan datang. Silakan saja masyarakat menentukan pilihannya masing-masing, tetapi jangan sampai dukung mendukung dengan pilihan yang berbeda akan membuat kita terpecah belah," katanya saat bakti sosial NKRI Peduli yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo di Kecamatan Boliyohuto, Kabupaten Gorontalo, Sabtu.

Kepada semua pasangan calon bupati dan wakil bupati peserta Pilkada serentak, gubernur meminta untuk mengambil hati rakyat dengan cara-cara yang tidak bertentangan dengan aturan Pilkada.

Menurutnya, saat ini rakyat sudah lebih cerdas dalam memilih pemimpin yang memiliki komitmen yang tinggi untuk memajukan daerah dan berpihak pada kepentingan rakyat.

"Silakan saja bertarung mengambil hati rakyat. Saya yakin masyarakat tidak bodoh lagi, juga tidak buta. Mereka pasti tahu mana calon pemimpin yang terbaik untuk daerah," tuturnya.

Dari 270 daerah di Indonesia yang akan menggelar Pilkada Serentak 2020, tiga di antaranya ada di Provinsi Gorontalo.

Setelah tertunda karena pandemik COVID-19, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerbitkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5 Tahun 2020 terkait jadwal tahapan Pilkada 2020 terbaru.

Berdasarkan PKPU tersebut, tahapan pendaftaran pasangan calon kepala daerah akan dilaksanakan pada tanggal 4 hingga 6 September 2020.

Kemudian masa kampanye dijadwalkan mulai tanggal 26 September hingga 5 Desember 2020. Sedangkan pelaksanaan pemungutan suara pada 9 Desember 2020.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020