Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara akan menerima bantuan mobil ambulans dan mobil pemadam kebakaran dari Pemerintah Ehyme Jepang.

Wakil Bupati Gorontalo Utara Roni Imran, Selasa, memastikan bantuan itu usai melakukan pertemuan dengan Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah terkait pengurusan dokumen perjalanan ke Jepang yang dilakukan kolektif .

Wabup mengaku bantuan tersebut sangat diharapkan, apalagi pihak Ehyme Jepang tidak mensyaratkan apa-apa selain meminta Gorontalo Utara melestarikan lingkungannya, menjaga dari pencemaran dan mengelola sampah dengan baik.

"Kita sangat membutuhkan bantuan ini, mengingat jika dianggarkan melalui APBD Kabupaten akan sangat sulit mewujudkannya," kata Wabup.

Untuk satu unit ambulans yang lengkap dengan fasilitas unit gawat darurat (UGD) super canggih tersebut, seharga Rp15 miliar.

Pemkab berharap bantuan tersebut akan mengoptimalkan pelayanan kesehatan di daerah ini.

Khusus mobil pemadam kebakaran, Gorontalo Utara belum memilikinya padahal setiap tahun bencana kebakaran rumah penduduk terjadi.

"Setiap bencana kebakaran rumah penduduk terjadi, kita bak penonton saja karena tidak adanya sarana dan prasarana memadai yaitu mobil pemadam kebakaran sehingga bantuan ini sangat dibutuhkan," ujar Wabup yang memastikan keberangkatannya pada bulan Mei.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015