Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo berencana akan membangun jalan dari Desa Bondawuna, Kecamatan Suwawa Selatan tembus ke Desa Tulabolo Barat, Kecamatan Suwawa Timur.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou di Gorontalo, Selasa, mengatakan pemkab pada tahun ini akan mulai membuat perencanaan teknis atau Detail Engineering Design (DED) jalan tersebut.

"Kami akan buat DED untuk membuat jalan tembus dari Bondawuna hingga tembus ke Tulabolo Barat. Mudah-mudahan ini bisa kita kerjakan di tahun 2022. Perencanaannya di tahun 2021," ujar Bupati Hamim Pou.

Hamim Pou berharap kolaborasi yang baik dengan Pemprov Gorontalo, dalam hal ini Gubernur Rusli Habibie, sehingga Bone Bolango akan terus mendapat perhatian dari sisi infrastruktur. Terlebih infrastruktur yang menjadi tanggung jawab Pemprov Gorontalo di Kabupaten Bone Bolango.

"Terima kasih untuk dukungan Pemprov Gorontalo bagi kami di Kabupaten Bone Bolango," ucap Hamim.

sebelumnya, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie telah meresmikan pembangunan jembatan permanen Molintogupo yang menghubungkan Kecamatan Suwawa Tengah dan Kecamatan Suwawa Selatan, serta Kecamatan Botupingge.

Hamim mengungkapkan keberadaan jembatan itu sangat bermanfaat, tidak hanya untuk masyarakat di dua kecamatan, yakni Kecamatan Suwawa Tengah dan Kecamatan Suwawa Selatan, tapi juga masyarakat Bone Bolango bahkan secara keseluruhan masyarakat Provinsi Gorontalo.

"Jembatan ini sangat berarti bagi kami, khususnya warga di Kecamatan Suwawa Tengah, Suwawa Selatan, termasuk Kecamatan Botupingge. Karena jembatan ini untuk penopang ekonomi warga. Apalagi di Kecamatan Suwawa Selatan dan Kecamatan Botupingge, ada lebih kurang 15.000 warga Gorontalo yang ada di dua kecamatan tersebut," katanya.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021