Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Provinsi Gorontalo mendorong peningkatan kualitas tenaga pengajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan Seleksi Kompetisi Bidang (SKB).

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo di Gorontalo, Selasa, mengatakan hal itu dilakukan melalui beasiswa yang diberikan di Universitas Terbuka (UT) Gorontalo.

"Jadi kerja sama ini sudah berlangsung lama. Kami juga akan berkolaborasi dengan UT agar lulusan dari PKBM dan SKB dapat kuliah di UT Gorontalo," ungkap Nelson.

Nelson mengaku, dirinya berharap lulusan PKBM dan SKB ada desa binaan. Ini bertujuan untuk mengembangkan potensi yang ada terkait pendidikan di PKBM dan SKB.

"Selain SDM yang diutamakan, potensi desa juga akan dikembangkan melalui desa binaan. kami pun akan mendorong ASN untuk kuliah di UT Gorontalo bahkan akan memberikan beasiswa kepada mereka," katanya.

Direktur UT Gorontalo, Andi Suci Anita menjelaskan ia telah bertemu dengan Bupati Gorontalo untuk menindaklanjuti kerja sama yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gorontalo dengan dengan Direktur UT sebelumnya.

"Ini juga sebagai ajang silaturahmi kami kepada pemerintah Kabupaten Gorontalo, Karena saya masih baru di sini," ungkapnya.

Ia menyampaikan, untuk Kabupaten Gorontalo, ada sekitar 29 orang mendapat beasiswa dari UT Gorontalo, dan dari 29 ada sekitar 22 orang mendapat nilai IPK sekitar 4, yang lainnya sekitar 3.

"Melihat hal tersebut ternyata Kabupaten Gorontalo memiliki potensi. Bahkan kami pun bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Gorontalo terkait perekrutan mahasiswa paket C untuk kuliah di UT Gorontalo," katanya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021