Balitbangtan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Gorontalo menyerahkan bantuan ayam kampung unggulan balitbangtan kepada peternak di Tapa, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Kepala BPTP Gorontalo, Amin Nur di Gorontalo, Sabtu, mengatakan pihaknya menyerahkan bantuan 222 ekor ayam, pakan dan keperluan ternak lainnya.

"Dari Balitbangkan BPTP Gorontalo memiliki teknologi inovasi salah satunya ayam KUB, karena ini sudah strata satu," ujarnya.

Ia menjelaskan jika pihaknya wajib membangun kemitraan dengan membangun plasma di tingkat masyarakat.

"Salah satu bentuk bantuan yaitu seperti yang saat ini kita serahkan kepada masyarakat, yang akan menjadi plasma binaan BPTP Gorontalo.

Amin mengaku jika peternak plasma tersebut akan didampingi oleh BPTP Gorontalo hingga berhasil mengembangkan ayam KUB yang diberikan.

"Ayam bantuan ini adalah anak ayam yang baru saja menetas lengkap dengan sarana pakan, dan ini akan terus dilakukan secara berkesinambungan," kata dia, lagi.

Amin menambahkan jika plasma tersebut akan dimonitor perkembangannya, mulai dari vaksinasi, proses pakan dan penimbangan ayam.
Seorang peternak menimbang bibit ayam bantuan di kandang miliknya di Tapa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021