Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bone Bolango, Roswaty Agus mengatakan sejumlah petani di Desa Bulotalangi Barat, Kecamatan Bulango Timur, mengembangkan padi dengan menggunakan pupuk organik.

Roswaty Agus, Senin, mengatakan program padi sehat di kelompok Tani Tekad Makmur 1 Desa Bulotalangi Barat sudah berlangsung kurang lebih tiga tahun lamanya.

"Budidaya padi sehat sudah lima kali musim tanam di kelompok tani ini, untuk itu kami ingin melihat hasil produksi setelah menggunakan pupuk organik," ucap Roswaty.

Ia menjelaskan bahwa melihat kondisi fisik tanaman padi, pertumbuhan padi sangat baik untuk semua wilayah padi sawah di Kabupaten Bone Bolango, sehingga produksi gabah yang telah ditarget bisa tercapai. 

Selain itu, ungkap Roswaty, untuk menindaklajuti arahan Bupati Bone Bolango Hamim Pou, tentang alat dan teknologi pengering (UV Drayer), maka Dinas Pertanian dan Peternakan merancang usulan UV Drayer untuk wilayah penghasil beras di Kabupaten Bone Bolango.

"Tahun depan, selain benih kita akan coba rancang sekurang-kurangnya setiap kecamatan penghasil padi muapun beras dibangunkan satu unit UV Drayer. Tujuannya untuk menjaga mutu gabah sehingga beras yang dihasilkan berkualitas," ungkap Roswaty.

Sementara itu, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Rosna Dewi Rayusyam, menambahkan untuk meningkatkan produktivitas musim tanam yang saat ini di panen, ada bantuan benih Varietas Unggul Baru (VUB). 

"Kelompok tani menerima bantuan benih padi label Ungu, dengan varietas Ciherang. Salah satunya adalah kelompok tani penerima program padi sehat di Desa Bulotalangi Barat," jelas Rosna.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021