Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menyebut kehadiran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian Telaga Puncak di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, mampu menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing.

"SMK Pertanian Yayasan Taman Cendekia Gorontalo merupakan upaya pemerintah daerah dalam rangka membangun masyarakat dan daerah," ujar Nelson di Gorontalo, Senin.

Ia menjelaskan, Desa Dulamayo Selatan, Kecamatan Telaga Biru yang menjadi lokasi SMK Pertanian tersebut memiliki berbagai potensi alam yang menjanjikan.

“Berbagai komoditi seperti kopi, cengkeh, durian,rambutan, manggis maupun komoditi lainnya ada di Dulamayo. Beberapa waktu lalu Dulamayo dan sekitarnya telah dicanangkan sebagai wilayah konservasi buah-buahan di Gorontalo,” kata Nelson.

Bupati mengaku jika pemerintah daerah menargetkan pembuatan 100 lahan kopi di Dulamayo Barat dan pengembangan potensi alam dan keunggulan lainnya di wilayah sekitar.

"Belum lagi dari sisi iklim, daerah ini adalah daerah dengan suhu udara yang dingin, dengan berbagai keunggulan itu, saya berharap masyarakat mengembangkannya.," kata dia, lagi.

Maka untuk mengembangkan itu menurut Bupati, sumber daya manusia (SDM) harus terus didorong. Hadirnya SMK pertanian diharapkan akan melahirkan tenaga-tenaga unggul untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada.

”SMK pertanian ini sudah memiliki kurang lebih 20 orang siswa dan guru, ada beberapa hal perlu dikembangkan dengan berdirinya sekolah ini. terkait budidaya pertanian, kehutanan dan bisnisnya perlu dikembangkan dalam sekolah ini,” harap Nelson. 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021