Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Kawasan Timur Indonesia (KTI) tahun 2021 akan digelar di Provinsi Gorontalo pada 27 Juli hingga 3 Agustus 2021.

Sebanyak 17 Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia dalam negeri menyelenggarakan 'Road to Fesyar' KTI 2021 dengan beberapa pengelompokan topik.

Di antaranya delapan KPw sertifikasi halal, delapan KPw pengembangan pondok pesantren, 17 KPw edukasi dan literasi, empat KPw ekonomi masjid dan 12 KPw pengembangan UMKM food dan fashion.

Kepala KPw Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Budi Widihartanto, Rabu, mengatakan untuk mensukseskan kegiatan Festival Ekonomi Syariah Indonesia 2021, BI melakukan kerjasama semua pihak.

"Ini kami lakukan demi efisien serta memiliki dampak besar bagi perekonomian daerah," ujar Budi.

Budi menjelaskan, dalam kegiatan ini Provinsi Gorontalo terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Ekonomi Syariah Indonesia 2021 untuk wilayah Kawasan Timur Indonesia.

"KTI ini membawahi Provinsi Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua dan Bali. Ada juga untuk wilayah Sumatera dan Jawa. Namun wilayah timur ini yang paling besar," ungkapnya.

Ia menjelaskan, penyelengaraan Fesyar 2021 akan digelar dengan berbagai rangkaian acara. Diantaranya diskusi atau talkshow, seminar, pelatihan produk-produk ekonomi syariah bagi UMKM.

Disamping itu juga akan diadakan berbagi lomba. Seperti lomba duta ekonomi syariah, pengetahuan ekonomi dan keuangan syariah, lomba nasyid, serta lomba yang berhubungan dengan masjid.

"Kegiatan ini akan dilakukan secara online. Sebab saat ini kita masih pandemi COVID-19. Namun pada intinya kegiatan ini mengakselerasikan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah sebagai kekuatan baru," pungkasnya.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021