Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, semakin fokus meningkatkan pelayanan publik, di antaranya di sektor kesehatan melalui pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainal Umar Siddiki.

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin mengatakan hal itu di Gorontalo, Senin, pada pelaksanaan Seminar Akhir Penelitian tentang analisis indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di RSUD tersebut, yang diprakarsai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat.

"Kami bekerja sama dengan Lembaga Penelitian Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Harapannya, penelitian ilmiah tersebut dapat merekomendasikan pelayanan terbaik yang wajib diterapkan untuk publik," katanya.

Diawali di rumah sakit tersebut, penelitian lanjutan diharapkan menjangkau instansi lainnya yang terdepan dalam pelayanan publik.

Di antaranya, Dinas Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Pemkab pun, kata Indra, ingin cepat-cepat menerima rekomendasi dari hasil penelitian tersebut, agar segera mengetahui apa saja kekurangan yang perlu disempurnakan dalam pelayanan di rumah sakit.

Serta apa saja kelebihan yang telah diterapkan selama ini. "Agar kami segera berbenah untuk memberi kepuasan kepada masyarakat terhadap layanan kesehatan yang ada di rumah sakit," katanya lagi.

Pemkab akan terus menggandeng pihak Perguruan Tinggi, memanfaatkan peran pengabdian mereka terhadap masyarakat.

Mengingat penelitian ilmiah perlu dilakukan sebagai media dalam mengukur indeks kepuasan masyarakat dengan tepat, yang akan disinergikan dengan upaya perbaikan mutu dan kualitas pelayanan publik di daerah ini.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021