Gorontalo (ANTARA Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) mengalokasikan anggaran sebesar Rp15 miliar, untuk percepatan pembangunan desa.

"Pada tahun 2013 nanti, masing-masing desa akan menerima anggaran sebesar Rp54 juta, untuk kebutuhan prioritas pembangunan wilayahnya," Ungkap Bupati Indra Yasin, Minggu.

Alokasi anggaran diluar anggaran dana desa (ADD) itu, mengalami peningkatan dari tahun 2012 lalu yang hanya sebesar Rp12 miliar.

Peningkatan anggaran ini untuk pembangunan di 123 desa yang pemanfaatannya diserahkan langsung pada pemerintah desa.

Namun pemerintah desa dituntut mengelola anggaran tersebut untuk prioritas pelayanan publik, seperti membangun kantor desa, balai pertemuan desa ataupun pembangunan infrastruktur dasar yang dibutuhkan masyarakat.

"Anggaran hibah ini juga bisa dialokasikan untuk pengembangan potensi sumber daya di setiap desa, untuk mendorong peningkatan perekonomian masyarakat," Ungkap Bupati.

Anggaran desa tersebut, sudah termasuk peningkatan insentif kepala desa, para pengurus BPD maupun LPM, iman, guru sekolah minggu dan aparat desa lainnya.

Disamping itu, pemerintah daerah akan mengalokasikan anggaran pembangunan infrastruktur seperti jalan tani, irigasi, bantuan pertanian, perikanan, kesehatan, pendidikan dan bantuan lainnya sesuai skala prioritas.

Khusus untuk desa mekaran, pemerintah daerah akan mengalokasikan tambahan anggaran bantuan sebesar Rp7,5 juta untuk mendukung pembangunan kantor desa. (KR-MTO/H013) 

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2012