Kepolisian Resor (Polres) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, meningkatkan pengamanan mudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah dengan membangun pos pengamanan pelayanan Operasi Ketupat Otanaha 2022.

"Selain menjadi agenda rutin tahunan khusus pengamanan hari besar keagamaan. Kita meningkatkan pengamanan dengan membangun pos di sejumlah titik untuk mengantisipasi peningkatan arus mudik di sepanjang lintas Sulawesi yang ada di daerah ini," kata Kapolres Gorontalo Utara, AKBP Juprisan Pratama Ramadhan Nasution, di Gorontalo, Rabu.

Ia pun memantau langsung pembangunan pos pengamanan seperti di Puncak Pontolo Indah, Desa Pontolo, Kecamatan Kwandang.

Serta memastikan akan menyebar 120 personel di setiap pos pengamanan, yaitu di Kecamatan Atinggola berbatasan dengan Sulawesi Utara, Kecamatan Tolinggula berbatasan dengan Sulawesi Tengah dan Kwandang berbatasan dengan Kabupaten Gorontalo.

Masing-masing pos akan ditempati 24 personel Polri, didukung personel TNI, Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan.

Serta tim SAR, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran yang akan siap 1x24 jam menerima layanan telefon (stay on call).

Pelayanan vaksinasi COVID-19 pun akan tetap dibuka di setiap pos pengamanan.

"Kita berharap, lalu lintas di sepanjang lintas Sulawesi wilayah timur, barat maupun ibu kota kabupaten berlangsung aman dan lancar. Beberapa ruas yang potensial mengalami kepadatan hingga kemacetan pun akan diantisipasi, seperti di ruas jalan utama Desa Moluo, Kecamatan Kwandang," katanya.

Pengguna lintas Sulawesi juga diharapkan tetap mematuhi aturan lalu lintas termasuk menyiapkan seluruh kelengkapan administrasi laik jalan untuk kendaraan.

"Diharapkan pengemudi memperhatikan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penularan COVID-19. Serta setiap moda transportasi darat untuk memperhatikan syarat dan ketentuan dalam keselamatan melakukan perjalanan seperti tidak mengangkut penumpang melebihi kapasitas muatan," katanya pula.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022