Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menyalurkan bantuan kendaraan bermotor kepada pedagang ikan keliling guna memperluas jangkauan pemasarannya sehingga dapat meningkatkan gerakan gemar makan ikan (Gemarikan) serta menunjang upaya menekan angka kekerdilan pada anak (stunting) di daerah itu.

Kepala Bidang Penguatan Daya Saing DKP Gorontalo Utara, Nilawaty Lubis, di Gorontalo, Sabtu, mengatakan untuk Tahun Anggaran 2022 pihaknya menyalurkan bantuan sebanyak 12 unit motor boks untuk pemasar ikan keliling yang tersebar di 11 kecamatan.

Menurutnya, bantuan berupa motor lengkap dengan wadah penampung bagi pemasar ikan keliling agar produk ikan segar di daerah ini dapat menjangkau konsumsi rumah tangga yang bermukim di wilayah pedalaman, perbukitan maupun permukiman yang sulit mendapatkan akses transportasi untuk membeli ikan.

Dengan meningkatnya jumlah pemasar ikan yang berkeliling menggunakan sepeda motor maupun kendaraan roda tiga dengan wadah penampung ikan yang lebih besar, diharapkan budaya gemar makan ikan dapat ditingkatkan.

Masyarakat yang jarang ke pasar karena kendala sulitnya akses transportasi, termasuk berada jauh dari pelabuhan perikanan maupun sulit menemukan tempat penampungan ikan, akan lebih mudah membeli melalui layanan jasa pemasar ikan keliling.

"Semakin banyak pemasar keliling diharapkan semakin mendorong konsumsi ikan segar," katanya.

Sehingga semakin memberi kemudahan bagi masyarakat untuk membeli ikan, sehingga budaya gemar makan ikan meningkat dan masyarakat khususnya balita dan ibu hamil dapat terpenuhi kebutuhan proteinnya dari ikan. "Kekerdilan pada anak juga dengan mudah teratasi," katanya. 

 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022