Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Roni Sampir, mengimbau masyarakat untuk menjaga dan menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024.

Hal itu diungkapkan Roni usai sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif bagi forum warga, organisasi masyarakat, kepemudaan dan komunitas bersama Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gorontalo, Jumat.

Roni Sampir menekankan bahwa Pemilu merupakan pesta demokrasi atau pesta rakyat yang harus dilakukan dengan suka cita yang penyelenggaraannya telah diatur dalam Perundang-Undangan.

Karena itu kata dia, seluruh warga masyarakat Kabupaten Gorontalo berhak dan bertanggungjawab untuk mengawal dan mengawasi terselenggara pemilu serentak 2024.

"Maka menjadi tugas kita menyempurnakan kesuksesan jalannya Pemilu yang demokrasi dan transparan pada tahun 2024 nanti," ucap Roni.

Ia menilai, pelaksanaan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif yang diikuti oleh instansi terkait, aparatur pemerintah serta jajaran lembaga lainnya itu, merupakan bentuk perwujudan kerja sama dan pendekatan yang sangat positif.

Keikutsertaan seluruh pemangku kebijakan dalam sosialisasi tersebut, diminta dapat mendukung terbangunnya pemahaman dan pengawasan Pemilu oleh semua pihak.

"Saya berharap apa yang kita dapatkan dari sosialisasi ini nantinya disampaikan lagi kepada masyarakat yang lain. Kita harus menyadari betapa pentingnya partisipasi kita pada Pemilu serentak tahun 2024 nanti," harap dia.

Ketua Bawaslu Kabupaten Gorontalo, Wahyudin Akili mengatakan, Bawaslu memiliki tujuan untuk menjaga keberlangsungan proses demokrasi yang secara keserentakan diatur dalam ketentuan Perundang-Undangan, sehingga pesta demokrasi di daerah ini akan berlangsung secara maksimal.

"Sebagaimana amanat undang-undang 7 tahun 2017 tugas Bawaslu dalam mengawasi seluruh tahapan pemilu 2024 khususnya," jelas dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022