Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara (Gorut), menjalin kerja sama dalam upaya mengembangkan daerah.

"Kami melakukan penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama. Ini dilatarbelakangi bahwa dua daerah ini merupakan satu kesatuan pemerintahan di bawah Pemerintah Provinsi Gorontalo," kata Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, di Gorontalo, Kamis.

Dua daerah ini pun kata dia, merupakan dua entitas pemerintah daerah yang harus berkontribusi penting dalam pembangunan seluruh wilayah di Provinsi Gorontalo.

Sehingga perlu membangun sinergi antara satu daerah dengan lainnya, agar pembangunan yang berjalan, menjadi bagian penting dalam pelaksanaan pembangunan secara keseluruhan.

Apalagi dua daerah ini merupakan bagian penting di Provinsi Gorontalo dengan potensi unggulan masing-masingb baik sektor pariwisata dan pertanian. Sehingga semua entitas yang ada, perlu membangun kerja sama di berbagai bidang.

Dimulai dengan kesatuan perencanaan yang komprehensif oleh dua daerah ini yang menjadi bagian tak terpisahkan dalam membangun Gorontalo.

Melalui kerja sama tersebut, kata Marten, sangat diharapkan apa yang menjadi potensi antara dua daerah dapat bermuara pada kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Yaitu kerja sama yang diharapkan saling berdampak menguntungkan dalam pembangunan daerah. Apalagi Gorontalo Utara katanya, merupakan daerah yang sangat beruntung karena memiliki potensi pariwisata yang menjadi karunia bagi warganya.

"Kami pun di Pemkot Gorontalo, ikut mempromosikan pariwisata Gorontalo Utara. Sebab kami meyakini, semakin banyak orang berkunjung ke kabupaten di bagian utara Gorontalo ini, Kota Gorontalo pasti kecipratan. Baik kunjungan inap di hotel maupun rumah makan," katanya.

Sehingga ia meyakini, kerja sama tersebut dapat saling menguntungkan. "Maka kita wajib bersinergi," katanya.

Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu mengatakan, membangun kesepahaman antara dua daerah berdekatan, sangat penting.

Agar dua pemerintah daerah ini, dapat sama-sama berinovasi untuk maju bersama.

"Diawali dengan melakukan penelitian, kemudian kita berinovasi. Saya optimistis, akan berdampak pada kemajuan dan kesejahteraan," imbuhnya.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022