Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo menerima satu unit mobil operasional pelayanan pajak daerah yang bersumber dari Dana Tanggung Jawab Sosial (TJS) Bank SulutGo.

Mobil senilai Rp261 juta itu diserahkan langsung Pimpinan Bank SulutGo Cabang Suwawa Kasmir Abdul Hamid kepada Bupati Bone Bolango, Hamim Pou di Bone Bolango, Kamis.

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, saat diwawancarai mengungkapkan mobil tersebut akan digunakan untuk menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BKPD).

"Mudah-mudahan dengan kendaraan operasional ini bisa menambah pundi-pundi pendapatan Bone Bolango sekaligus bisa memperbaiki kualitas pelayanan kepada masyarakat wajib pajak dan wajib retribusi yang ada di Kabupaten Bone Bolango," ungkap Hamim.

Sementara itu, Pimpinan Bank SulutGo Cabang Suwawa, Kasmir Abdul Hamid, menuturkan penyerahan CSR ini sudah direncanakan sejak beberapa bulan yang lalu. Ia mengatakan CSR tahun 2022 sebesar Rp351 juta.

“Dana CSR ini diperuntukkan untuk pengadaan mobil  sebesar Rp261 juta dan untuk Dinas Pariwisata Olahraga sebesar Rp100 juta,” kata Kasmir.

Kasmir berharap dengan adanya pengadaan mobil ini diharapkan pelayanan pajak daerah bisa langsung dilakukan kepada masyarakat dengan mudah.

Kepala Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah, Iwan Mustapa menjelaskan dengan adanya mobil ini pihaknya menargetkan pendapatan daerah bisa meningkat, khususnya PAD untuk meningkatkan kemandirian fiskal.

“Mobil ini akan menjadi sarana yang membantu kami dalam pelayanan langsung di lapangan,”jelas Iwan.

Meskipun sudah mengedepankan ETPD, namun Iwan tidak bisa memungkiri di lapangan untuk kepentingan akselerasi, pengawasan, pembinaan edukasi terkait dengan kesadaran membayar pajak dan retribusi mobil ini sangat diperlukan.

“Kita bisa memberikan pelayanan mobile masyarakat yang terkendala dengan jaringan internet dan jauh dari ibukota kabupaten sehingga kita bisa menjemput bola memberikan pelayanan langsung di lapangan,” pungkas mantan Asisten III Setda Bone Bolango itu. 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022