Sejumlah pejabat di Ehime, Jepang, mengaku bangga dan menyukai pakaian karawo yang merupakan kain sulaman khas Provinsi Gorontalo.

Para tamu dari Jepang tersebut menggunakan karawo dalam beraneka warna dan motif, saat bersilaturahmi dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo.

“Kemarin saya diberikan baju karawo ini. Memakai baju ini seolah-olah saya menjadi warga Gorontalo. Sejak tiba di Gorontalo saya merasakan berbagai hal mulai dari industri sampai budaya tradisional,” kata Ketua DPRD Prefektur Ehime Hiroshi Watanabe di Gorontalo, Kamis.

Menurut dia, Gorontalo memiliki potensi besar yang dapat dikembangkan melalui kerja sama Ehime-Gorontalo.

“Oleh karena itu saya akan berusaha keras mendorong hubungan kerja sama antara Ehime dan Gorontalo,” ungkapnya.

Gubernur Prefektur Ehime Tokihiro Nakamura juga mengenakan baju karawo dan mengaku menyenangi sulaman tersebut.

Ia juga senang dapat menikmati lagu yang diiringi alat musik tradisional Gorontalo seperti polopalo, gambusi, dan marwas.

Seluruh tamu Ehime tersebut menikmati menu makanan khas Gorontalo yang disajikan seperti jagung pulut rebus yang dimakan dengan gohu yaitu campuran daun pepaya dan jantung pisang, ikan tuna bakar, dan beberapa menu lainnya.

“Kalau di Jepang kesempatan silaturahmi yang paling cocok adalah makan malam seperti ini. Mudah-mudahan melalui silaturahmi ini kita bisa menjalin hubungan yang luar biasa,” katanya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer mengatakan, kunjungan kehormatan Pemerintah Prefektur Ehime untuk menindaklanjuti kerja sama city to city dalam rangka mewujudkan masyarakat bebas karbon.

Hamka mengemukakan empat ruang lingkup yang menjadi fokus kerja sama antara Gorontalo dengan Ehime yaitu manajemen lingkungan, pembangunan ekonomi dan industri, pertanian dan kehutanan, serta pendidikan dan pelatihan.

“Banyak manfaat yang akan kita peroleh melalui kerja sama ini, tujuannya semata-mata untuk kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Gorontalo,” kata Hamka.

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pejabat Ehime-Jepang bangga kenakan pakaian karawo

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023