Kehadiran Kejaksaan Tinggi (Kejati), diantaranya untuk mendorong pemerintah daerah dalam pembangunan dan penyerapan anggaran.

Hal itu dikatakan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Gorontalo yang baru, Purwanto Joko Irianto.

"Sebagaimana yang ditekankan oleh Presiden dan Jaksa Agung, bahwa Kejaksaan hadir untuk mendorong penuh pemerintah daerah dalam hal pembangunan dan penyerapan anggaran," kata Kajati, di Gorontalo, Selasa.

Oleh sebab itu, pihaknya akan siap membantu pemerintah daerah dalam hal penyerapan anggaran baik dari dana alokasi khusus (DAK) maupun anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) agar bisa terserap dengan baik.

Dengan begitu, ada hasil (output) yang bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Provinsi Gorontalo.

"Bila mana bapak ibu ragu, silahkan datang ke Kejaksaan Tinggi. Kami ada bidang hukum perdata dan tata usaha negara untuk pendapat hukum atau pendampingan hukum. Kami juga siap untuk pendampingan proyek strategis nasional maupun proyek strategis daerah, supaya pelaksana pekerjaan itu berjalan dengan baik tanpa ada gangguan. Intinya kami siap membantu pemerintah daerah," kata mantan Wakajati Kalimantan Barat ini.

Ia pun sepakat untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi dengan jajaran pemerintah daerah juga Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Gorontalo.

Keinginan tersebut ia ungkapkan langsung kepada Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer.

Ia juga mengapresiasi penyambutan yang dilakukan pemerintah provinsi Gorontalo kepada dirinya dan keluarga, juga kepada Wakajati yang baru.

"Kami ucapkan kulo nuhun (maaf) pak gubernur dan jajaran Forkopimda, permisi dan terimakasih sudah menyambut kedatangan kami di Provinsi Gorontalo. Mari kita perkuat lagi sinergi dan kolaborasi untuk pembangunan di daerah ini," kata Purwanto, didampingi Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Gorontalo yang baru, Joko Purwanto.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023