Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, mengatakan, layanan jaminan kesehatan terus dioptimalkan untuk rakyat termasuk di daerah itu.

"Saya berharap, masyarakat harus dapat memanfaatkan layanan kesehatan melalui jaminan perlindungan yang diberikan pemerintah dalam program BPJS Kesehatan," kata Bupati Thariq, di Gorontalo, Rabu.

Ia mengatakan, penghargaan Universal Health Coverage Award (UHC) yang diterima pemerintah daerah tersebut dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, diserahkan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, menjadi momentum dalam upaya membenahi layanan kesehatan di daerah, mencakup seluruh fasilitas kesehatan yang disiapkan. Termasuk memastikan setiap warga sasaran menerima perlindungan kesehatan dalam program BPJS Kesehatan dari pemerintah.

"Saya pun berharap layanan kesehatan bagi masyarakat yang telah diasuransikan, dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Karena tidak perlu lagi membayar pada semua jenjang layanan kesehatan," katanya.

Pemerintah daerah pun terus bersemangat meningkatkan program di sektor kesehatan, dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Alhamdulillah upaya kita bersama, mendapatkan pengakuan dari pemerintah pusat melalui penghargaan ini," katanya.

Dari 127.586 jiwa, sebanyak 108 ribu jiwa masyarakat di daerah ini telah diasuransikan atau 84 persen dari jumlah penduduk.

"Kita optimalkan program ini agar masyarakat terlayani dengan baik," katanya, didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kepala Bappeda, serta Kepala BPJS Gorontalo Utara.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023