Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Thariq Modanggu akan serius mengembangkan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kwandang di Desa Katialada, Kecamatan Kwandang, sebagai sumber peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

"Saya sangat serius menindaklanjuti pengembangan pengelolaan PPN Kwandang ini, serta ingin pemerintah daerah dan PPN Kwandang dapat berkolaborasi dengan baik untuk kemajuan sektor unggulan dan juga kemajuan kabupaten ini. Sektor kelautan dan perikanan menjadi salah satu unggulan pemerintah daerah sebagai sumber pendapatan asli daerah (PAD)," katanya pada pertemuan bersama Kepala PPN Kwandang Yanwar Amri Yasman di ruang kerja bupati, Gorontalo Utara, Gorontalo, Kamis.

Bupati Thariq berjanji turut memperjuangkan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan terkait perluasan dan pengembangan pelabuhan tersebut.

Menurut dia, potensi perikanan tangkap sangat perlu ditunjang dengan keberadaan pelabuhan.

"Kita memiliki dua pelabuhan perikanan yang sangat bisa diandalkan, yaitu PPN Kwandang dan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Gentuma. Pemerintah daerah harus optimal membangun kerja sama dalam pengembangan sarana dan prasarana pelabuhan," katanya.

Sementara itu, Yanwar mengatakan pertemuan tersebut dalam rangka menyampaikan ke pemerintah daerah terkait penetapan wilayah kerja dan wilayah pengoperasian PPN Kwandang.

"Kami berkoordinasi dengan Pak Bupati sehubungan dengan permintaan rekomendasi sesuai dengan kewenangan beliau selaku kepala daerah. Selain itu, hal lain yang turut didiskusikan terkait pinjam pakai beberapa fasilitas yang ada di PPN untuk dimanfaatkan oleh pemerintah daerah seperti fasilitas tempat pelelangan ikan (TPI) yang selama ini dimanfaatkan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan. Serta lahan tower listrik yang menyambungkan ke Pulau Ponelo," katanya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023