Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo berupaya meningkatkan produksi pertanian dengan memberikan dukungan alat mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani di Kecamatan Tolangohula, Asparaga, Tabongo dan Bongomeme.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo di Gorontalo, Senin, mengatakan Kabupaten Gorontalo banyak memproduksi komoditas pertanian, seperti jagung dan padi.

"Ini dilakukan untuk peningkatan kesejahteraan petani," kata dia.

Nelson menguraikan, produksi jagung di Kabupaten Gorontalo mencapai 700 ribu ton, 1/3 produksi di Provinsi Gorontalo berada di Kabupaten Gorontalo. 

"Begitu pula padi, hasil produksi misalnya tiga kita butuhkan cuma satu. Yang lain kita jual keluar, jadi jika dilihat produksinya disini tinggi karena dijual ditempat lain," ujar dia.

Ia menjelaskan, untuk membangun peningkatan hasil produksi pertanian diantaranya memberikan alsintan kepada kelompok petani dan modal pun disiapkan melalui subsidi pemerintah dana kredit usaha rakyat dari perbankan.

"Selanjutnya pupuk dan bibit, pemerintah daerah berharap dan mendorong petani bisa memproduksi sendiri sambil juga membantu melalui sumber dana yang ada," beber Nelson.

Nelson berharap agar alat pertanian yang diberikan dapat digunakan dengan baik untuk mewujudkan hasil produksi pertanian meningkat.

“Pemanfaatan alat ini dimusyawarahkan dengan baik antar sesama anggota kelompok," Harap Nelson.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023