Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, resmi meluncurkan event Gorontalo Karnaval Karawo Tahun 2023, mengusung tema Gorontalo Hospitality: Local Pride for Global Tourism.

"Penyelenggaraan event Gorontalo Karnaval Karawo tahun ini dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk menghidupkan kembali ekosistem pariwisata daerah," kata Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, di Gorontalo, Kamis.

Pelaksanaannya pun diyakini akan kembali meramaikan daerah dengan berbagai kegiatan. Perhelatan yang melalui kurasi dan ditetapkan sebagai 100 Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tahun 2023, yang akan digelar pada tanggal 11 hingga 13 Agustus mendatang.

"Saya telah meluncurkan event Gorontalo Karnaval Karawo. Kita harus semakin gencar mempromosikan karawo sebagai bagian dari produk daya tarik wisata, kearifan lokal masyarakat di Provinsi Gorontalo yang memiliki potensi yang unik dan bernilai seni tinggi," katanya.

Ia menyebut, sebagai ajang promosi pariwisata dan produk ekonomi kreatif daerah, karnaval karawo tahun ini akan melibatkan para perajin lokal sulaman khas karawo dan mengikutsertakan para pelaku ekonomi kreatif.

Ada juga pelaku UMKM sebagai penghasil produk karawo serta turunannya yang menopang industri pariwisata dan perekonomian daerah. Selain momentum untuk kebangkitan sektor pariwisata Gorontalo,

Gubernur Ismail berharap kegiatan ini dapat membuka lapangan pekerjaan, serta memajukan para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif. Sehingga secara signifikan akan meningkatkan jumlah kunjungan, memperpanjang lama tinggal dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Provinsi Gorontalo.

"Karawo dan pariwisata adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan dan merupakan bagian dari industri kreatif. Mempromosikan sulaman karawo melalui event maupun melalui ajang fashion dunia menjadi sarana efektif untuk mempromosikan pariwisata Gorontalo," kata Ismail pula.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Aryanto Husain mengatakan, rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan pada Gorontalo Karnaval Karawo 2023 nanti, dimulai dari pembukaan yang akan diisi dengan banyak atraksi. Di hari selanjutnya akan diisi dengan lomba mewarnai dan menggambar. Hingga pada puncak di hari ketiga akan menampilkan karnaval karawo.

"Kita ramaikan Gorontalo Karnaval Karawo 2023 pada Agustus nanti sebagai bagian dari pariwisata daerah pascapandemi. Momentum ini sangat tepat untuk membangkitkan kembali ekonomi, karena pariwisata merupakan kontributor terbesar pada PDB Nasional," kata Aryanto.

Peluncuran Gorontalo Karnaval Karawo 2023 dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo Fima Agustina, Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Gorontalo, pimpinan OPD, lembaga perbankan, serta pemangku kepentingan pariwisata. Juga dihadiri artis ibukota Giselle Anastasia dan Naysila Mirdad.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023