Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi terjadinya banjir di sejumlah wilayah setempat.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bone Bolango Achryl Babyonggo di Gorontalo, Senin mengatakan selain mewaspadai banjir, ada sejumlah wilayah di daerah itu juga rawan terjadi longsor.

Karena itu, dia menambahkan, BPBD memberikan imbauan seiring curah hujan yang cukup tinggi melanda beberapa kecamatan di Kabupaten Bone Bolango.

"Untuk daerah rawan banjir dan tanah longsor berada di Bulango Utara dan Bone Pesisir," kata Achryl.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah memprioritaskan untuk pengawasan di dua wilayah yang rawan terjadi banjir dan tanah longsor tersebut.

Ia menjelaskan, sesuai dengan prakiraan cuaca dari BMKG Gorontalo, pada Senin (10/7) siang kondisi cuaca umumnya cerah berawan hingga hujan.

"Pada malam hari hujan ringan berpotensi melanda wilayah Kecamatan Pinogu dan sekitarnya," kata dia.

Sejumlah wilayah yang berpotensi terjadi bencana alam jika hujan terus mengguyur dengan intensitas tinggi di antaranya Kecamatan Tapa, Bulango Timur dan Bone Pesisir.

Achryl mengingatkan kembali bahwa pada akhir Maret lalu, curah hujan yang tinggi telah mengakibatkan debit air sungai di Desa Bulotalangi, Kecamatan Bulango Timur dan Desa Talumopatu, Kecamatan Tapa meluap dan menggenangi jalan serta pemukiman warga.




 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023