Ratusan Tolangga dan Toyopo atau wadah kue tradisional kolombengi khas Gorontalo menyemarakkan peringatan Maulid Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam (SAW) di Masjid Baitul Haq Islamic Center, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Tercatat 123 Tolangga dan Toyopo diberikan oleh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kecamatan hingga desa dan kelurahan pada peringatan Maulid Nabi tahun 2023.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou dalam keterangannya, di Bone Bolango, Jumat, merasa bersyukur atas pelaksanaan peringatan Maulid Nabi tahun 2023 itu. Menurutnya, Maulid Nabi tahun ini merupakan peringatan yang paling semarak, ramai, dan rapi.

"Saya merasa bersyukur sekali. Menurut pengalaman saya, ini adalah peringatan Maulid Rasulullah paling semarak, paling ramai, paling banyak Toyopo dan Tolangga, serta paling rapi. Barrakallah, Subhanallah, Walhamdulillah, Walailahaillalah Wala Quwata Illabillah," ucap Hamim.

Ia berharap semaraknya peringatan Maulid Nabi tahun ini akan menjadi berkah, penyebab turunnya rahmat, rezeki, dan perlindungan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), pezikir, dan seluruh masyarakat Bone Bolango.

"Bagi saya pribadi ini adalah acara peringatan Maulid Nabi yang terakhir sebagai seorang kepala daerah. Semoga di masa-masa yang akan datang peristiwa-peristiwa keagamaan, peringatan keagamaan di Bone Bolango tetap semarak bahkan lebih ramai lagi," harap Hamim.

Sementara itu Wakil Bupati Bone Bolango Merlan S Uloli mengajak  masyarakat untuk memaknai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan lebih meningkatkan ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala (SWT) dan meningkatkan kecintaan terhadap Nabi Muhammad SAW.

"Paling penting juga melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, saya mengajak kita semua, warga masyarakat Bone Bolango untuk bisa mengambil teladan akhlak beliau, Nabi Muhammad SAW, untuk bisa kita contoh dan terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari," ucapnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023