Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo mengelar pelatihan evaluasi pengelolaan keuangan dan pembangunan desa tahun 2023 bagi aparat desa.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Gorontalo Darwan Usman di Gorontalo, Senin mengatakan kegiatan itu mengambil tema pengelolaan keuangan desa yang akuntabilitas dalam rangka peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi desa berkelanjutan.

"Dalam mengawal pelaksanaan kegiatan dana desa, maka Pemkab Gorontalo menerapkan berbagai sistem informasi mampu meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa, yaitu  Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Desa (Siskeudes), Sistem Informasi Pengelolaan Aset Desa (Sipades), Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (Omspan), Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Desa (Silokdes)," katanya.

Serta Sistem Pengendalian Pengeluaran Desa Online Terintegrasi dan Akuntabel (Sepeda Ontel) dan Sistem Monitoring Evaluasi Kinerja Pemerintah Desa Berbasis Digital (Smart Desa).

"Berbagai kebijakan yang telah dilaksanakan ini berhasil membawa beberapa desa di Kabupaten Gorontalo terbaik di tingkat regional dan semoga akan ke tingkat nasional," kata Darwan.

Beberapa desa tersebut antara lain, Pilohayanga terbaik tingkat regional lomba desa Tahun 2022, Tabongo Timur terbaik tingkat regional lomba desa Tahun 2023, Tabongo Timur percontohan desa anti korupsi tahun 2023 oleh KPK termasuk dukungan pembangunan kawasan pedesaan agro-ekowisata di Kecamatan Talaga Jaya Dan Tilango.

Ia menjelaskan, besarnya perhatian Pemerintah Pusat melalui dana desa sangat membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan desa mandiri dan sejahtera.

"Hal ini dapat dilihat dari perkembangan desa di Kabupaten Gorontalo yang setiap tahun mengalami peningkatan, terhitung sejak tahun 2015 dari 191 desa, masih terdapat 15 desa sangat tertinggal, 120 desa tertinggal, 54 desa berkembang, dua desa maju," kata dia.

Ia menambahkan, namun pada Tahun 2023 ini terjadi peningkatan yang sangat signifikan yaitu sudah tidak ada lagi desa yang tertinggal dan sangat tertinggal, bahkan saat ini tercatat sudah 74 desa berkembang, 95 desa maju dan 22 desa mandiri.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023