Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Thariq Modanggu melakukan promosi pariwisata melalui kegiatan Ponelo Fest II yang berlangsung selama dua hari, 29 hingga 30 Oktober 2023.

"Saya memberi penghargaan setinggi-tingginya kepada pemerintah kecamatan dan desa di Kecamatan Ponelo Kepulauan. Termasuk Karang Taruna dan seluruh pihak yang turut menyukseskan kegiatan ini. Sebuah gagasan promosi pariwisata di wilayah kepulauan yang sengaja saya gagas untuk memperkuat pariwisata bahari daerah ini," kata Thariq Modanggu, di Gorontalo, Minggu, saat membuka Ponelo Fest II tersebut.

Menurutnya, Ponelo Fest menjadi wadah untuk mempromosikan pariwisata di Gorontalo Utara yang memang memiliki kekayaan pariwisata yang cukup unik karena lengkap berbasis laut, darat, dan udara.

"Pariwisata di daerah ini sangat lengkap. Kita wajib mensyukuri, mengelola, juga rajin mempromosikan. Khususnya melalui penyelenggaraan Ponelo Fest II, sebagai agenda tahunan yang diharapkan dapat berkelanjutan. Sehingga Kecamatan Ponelo Kepulauan sebagai wilayah penyanggah pariwisata kepulauan dapat semakin dikenal pula," katanya pula.

Kegiatan yang diselenggarakan pemerintah kabupaten melalui Dinas Kelautan dan Perikanan setempat, diwarnai dengan lomba balap perahu yang diikuti berbagai peserta utusan dari berbagai kecamatan di daerah itu.

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Gorontalo Utara Amanda F Sunge mengatakan lomba balap perahu diikuti 19 perahu.

Lomba yang menyedot banyak perhatian masyarakat tersebut direncanakan berlangsung dua hari atau hingga Senin (30/10).

"Pengunjung lokal maupun dari daerah lain yang ingin menyaksikan masih berkesempatan melihat langsung perlombaan sekaligus menjadi atraksi pariwisata andalan Pulau Ponelo ini," katanya lagi.

Amanda mengatakan beberapa perlombaan ketangkasan pun digelar untuk memeriahkan Ponelo Fest II yang dipusatkan di Desa Ponelo.

"Kami berharap dampak ekonomi benar-benar dirasakan masyarakat di kepulauan ini melalui rangkaian kegiatan Ponelo Fest," katanya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Ketua Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo, anggota DPRD kabupaten, unsur forum koordinasi pimpinan daerah dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) setempat.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023