Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo melakukan penataan pedagang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berjualan di Gorontalo Outer Ring Road (GORR) di Desa Talulobutu Selatan, Kecamatan Tapa.

Plt Bupati Bone Bolango Merlan S Uloli di Gorontalo, Jumat mengatakan penataan itu dilakukan agar kawasan pedagang di wilayah itu tidak menjadi kumuh dan tetap indah dipandang serta tertata rapi.

"Sebanyak 15 pedagang di kawasan ini telah menerima bantuan gerobak untuk berjualan," ucap Merlan Uloli.

Ia menjelaskan, gerobak jualan itu merupakan aspirasi dari Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel untuk pelaku UMKM di Desa Talulobutu Selatan.

Merlan mengatakan, gerobak bantuan diserahkan dengan sistem pinjam. Sehingga penerima bantuan akan pindah atau tidak berjualan lagi, maka akan digunakan oleh pedagang lainnya.

"Jadi bagi pelaku UMKM penerima bantuan gerobak ini kalau tidak lagi menjual produk UMKM atau sudah pindah ke daerah lain, maka gerobak nya jangan dijual. Harus dikembalikan kepada kami pemerintah daerah dalam hal Dinas Perindag untuk kita berikan kepada masyarakat pelaku usaha lainnya yang belum kebagian," ujar dia.

Mekanisme seperti itu kata dia, dilakukan karena berkaca pada pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya ada yang menjual gerobak jualannya setelah mereka tidak berjualan. Bahkan ada yang gerobak nya dijual kepada orang lain atau berpindah tangan.

"Saat ini mekanismenya sudah tidak begitu lagi, jadi siapa yang menjual itu yang akan diberikan bantuan gerobak," tegas Merlan.

Apalagi bantuan yang diberikan kata Bupati, tidak hanya gerobak saja yang diberikan, tetapi dalam bentuk paket lengkap bersama dengan sarana peralatan untuk menunjang jualannya.

"Jadi harapan kami ini dijaga dengan baik dan dimanfaatkan untuk meningkatkan pendapatan dan perekonomian keluarga," ia menambahkan.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023